Wisata Keramik di Rawasari, Jakarta

Seiring bertambahnya usia saya, ada beragam jenis kegiatan yang menjadi alternatif hiburan/ wisata. Diantaranya adalah wisata ke tempat-tempat belanja peralatan rumah tangga sebut saja Informa, Ace hadrware, Ikea dsb. Kali ini saya pengen cerita tentang suatu kawasan yang bisa dijadikan objek wisata, baik berbelanja ataupun window shopping *hobi cuci mata*. Tempatnya adalah di Jl. Percetakan Negara, di Rawasari.

Rawasari adalah sebuah kelurahan di kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Kalau dari rumah saya di Kelapa Gading, jaraknya hanya setengah jam. Kawasan ini merupakan destinasi belanja sentra industri keramik.

Di kawasan ini terdapat deretan-deretan toko yang menjual bahan bangunan, terutama keramik, granit, marmer, aneka keran, lampu hias dll. Semuanya cantik-cantik dan sangat memanjakan mata saya. Bagi yang tidak suka berpanas-panasan, bisa juga berkunjung ke supermarket bahan bangunan. Dengan suasana yang sama seperti di supermarket (adem, luas, teratur) kita dapat menikmati jejeran keramik-keramik terdiri dari berbagai macam kombinasi warna dan berbagai peruntukan. Semuanya cantik, semuanya bikin naksir 🙂

Jika sedang merencanakan untuk mempercantik rumah, menata keramik tak ubahnya seperti mendesain sendiri imajinasi-imajinasi menjadi sebuah ruangan yang diidamkan. Misalnya pengen tema dapur seperti motif denim, motif eropa, atau motif meksiko… tema kamar mandi anak seperti motif hewan-hewan lucu, ruang privat diberi sentuhan keramik warna favorit merah kuning hijau biru ungu… teras dan fasad rumah diberi sentuhan keramik motif batu alam, dan sebagainya. Kita bisa bebas berkreasi. Dimana bisa dapatkan keramiknya? Di toko-toko di Rawasari.

Beberapa toko yang berkonsep seperti supermarket, menerapkan harga pas. Namun ada juga toko biasa dan dengan sistem tawar menawar harga. Terserah yang mana yang disukai. Diantara toko-toko tersebut adalah:

Keramik itu sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan tipe. Ada yang buatan eropa, china, buatan  lokal dll, termasuk original dan KW 1,2,3 dst. Beberapa merk keramik diantaranya Roman, Milan, Essenza, Granito, Centro, dll. Untuk area utama pada suatu rumah, disarankan menggunakan kualitas wahid. Sedangkan untuk area luar yang terekspos seperti carport, atau area gudang, bisa disiasati dengan menggunakan keramik BS (keramik tidak lulus uji) yang dijual dengan harga miring, sehingga ramah budget.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s