Tiket Liburan Spore

Berwisata artinya harus siapkan tiket! ini dia…

  1. Tiket pesawat

Sebenernya tanggal keberangkatan kami sudah fix pada tanggal 15 s.d. 18 November 2016, namun masih ada keraguan di jam flight (mau pagi, siang, sore dsb). Pada liburan ini kami mengajak ortu ikut serta, jadinya jadwal harus disinkronkan dengan kegiatan mereka. Kebetulan ortu ada agenda ke Cirebon tanggal 19 Nov. Jadinya kami putuskan untuk ambil flight pagi (9.50 waktu spore) supaya ortu masih bisa istirahat.

Selama menyinkronkan jadwal, kami sempat beberapa kali cek harga tiket untuk tanggal tsb. Tiket termurah yang sempat ditemukan untuk 4 dewasa dan 1 anak adalah Rp. 3,8 jt. Tapi saat itu masih ragu-ragu buat ambil. Jadinya baru fix ambil tiket pada H-7 di posisi termurah saat itu yakni Rp. 5,2 jt untuk 4 dewasa dan 1 anak. Untuk flight keberangkatan dengan lion air, setiap penumpang dapat free bagasi 20 kg. Sedangkan untuk penerbangan kepulangan ke Jakarta dengan tiger airways, penumpang harus bayar bagasi. Saya ambil 20 kg saja (dan untungnya cukup :D). Barang lainnya yaitu stroller, dua backpack, tas tangan, dan satu koper kecil cukup kami bawa di kabin saja, tak perlu bagasi.

  • Booking tiket via: Traveloka.com
  • Bayar via: E-banking mandiri

2.Tiket (Booking) hotel

Kami baru sempat booking hotel saat H-1 keberangkatan, karena kkrul hectic banget sama kerjaan dan saya hectic ngurusin laras yang demam sejak jumat sore sampe senin (padahal selasa berangkat!)

Sebelum booking hotel, kkrul baca-baca dulu review beberapa hotel di website traveloka dan booking.com. Kami baca berulang-ulang meski kebanyakan review malah bikin bingung hahaha. Sebab untuk hotel yang sama, ada yang bilang “hotel dekat dengan stasiun MRT” sedangkan yang lainnya bilang “hotel jauh dari MRT”. Hahaha bingung, soalnya penilaian orang memang relative.

Setelah mengerucut ke tiga buah hotel, akhirnya kami putuskan untuk menginap di hotel bintang dua yang bernama Fragrance Ruby Hotel, sebab lokasinya dekat MRT, bangunannya baru dan interiornya bagus, kasur dan kamar mandi nyaman, dan harga terjangkau. Rata-rata review negative yang ditulis pengunjung hanyalah “ukuran kamar sempit”, buat kami itu tidak masalah.

Ternyata booking hotel di H-1 malah menguntungkan karena banyak diskon dari pihak hotel tsb. Saya booking kamar hotel untuk 3 malam via traveloka.com ternyata cuma kepesan 1 kamar. Kamar yang buat ortu belum dibooking, akhirnya saya booking lagi kamar tambahan, iseng-iseng saya coba buka booking.com, ya ampun ternyata ada diskon special dari booking.com. Seperti tagline iklan trivago: dapatkan harga termurah untuk kamar yang sama pada hari yang sama. Saya bener-bener menemukan kejadian ini. Kamar hotel yang sama untuk hari yang sama, bisa beda harga jauh antara website yang satu dengan website yang lain. Haaahh.

  • Nama Hotel: Fragrance Ruby Hotel, alamat No. 10 Lorong 20 Geylang Road Singapore
  • Booking via traveloka.com (3 malam): 1,9 jt
  • Booking via booking.com (3 malam): 1,6 jt
  • Bayar via: Kartu kredit Mandiri Visa

3. Tiket MRT dan Bus (nama kartunya STP Plus)

Beli di: Changi Airport

Harga: SGD 38/orang untuk 3 day pass bebas naik MRT dan Bus kemana saja di Spore. Tiket kali ini children free, yuhuu.

4. Tiket lokasi wisata

Hari pertama: Tiket Garden by the bay beli di Changi Airport seharga SGD 26/orang. Kalau beli on the spot harganya SGD 28. Garden by the bay ini terdiri dari Flower Dome, Cloud Forest, dan Super Tree. Keren abis!

Hari kedua: Tiket naik ke deck Skypark (Marina Bay Sand 56th Floor) beli on the spot, dapat diskon 20% kalau jadi member (sekalian aja kami daftar jadi member, mumpung free dan berasa mewah haha). Harga tiket Sky Park SGD 23/orang. Dijamin puasss memandang kemegahan negara Singapore. Dari atas kelihatan semuanya… ya teluknya, sky scrappernya, Singapore flyer, Sky Tree, Esplanade, art museum, plus pertunjukan laser dan fountain. Cakeeep!

Hari ketiga: Tiket S.E.A Aquarium di Sentosa Island, beli on the spot pake CC Mandiri Visa. Harganya SGD 33/orang. Ini adalah aquarium terluas di dunia, tapi secara umum saya lebih takjub dengan Dubai Aquarium sih karena ikannya guede-guede bingit 😀

Sekian.. Tiket di tangan, ready jalan-jalan 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s