Mainan balita

Pada usia 4 tahun seperti sekarang ini, mengasuh laras bisa dibilang gampang-gampang susah. anaknya udah cerdas banget. mainannya, tablet.. gadget. kalau tidak dikawal, bisa betah di depan gadget selama berjam-jam. dia bisa search youtube sendiri, tentang film-film apa yang dia suka. Kalau dulu pas umur 2 tahun, sukanya lagu-lagu nursery rhymes seperti mary had a little lamb, dkk. Pas umur 3 tahun, sukanya nonton video aneka mainan kinder joy dan kinder surprise. Pas umur 4 beralih ke mickey mouse club house… dan.. karena dia sudah kenal aplikasi Joox di HP, dia doyan nonton klip musik. Musik seperti marshmello dan alan walker. anakku suka DJ. mak!

Mengasuh dan mengarahkan anak ada seninya. Seberapa banyakpun dibelikan mainan, pasti ada bosannya. Oleh sebab itu kita harus bisa mengakali, kira-kira mainan apa yang menarik, timely, dan bisa bikin dia betah berlama-lama saking sukanya. Berikut adalah rekomendasi mainan tersebut, yang saya rasa sesuai dengan masa perkembangan balita yang sudah dewasa (sudah mau tamat masa balitanya :D)

  1. Bubble

Mainan simple ini adalah salah satu favorit laras; gelembung sabun! Saking sukanya bubble, pernah ke ace hardware beli bubble sampe 6 buah sekaligus. Mulai dari yang ukurannya kecil sampai yang ukurannya besar, berbentuk pedang, yang bisa bikin gelembung besar sekali. Gak cuma laras yang suka, tapi sepupu-sepupunya yang berusia 5 dan 9 tahun juga khusyu banget kalau udah main bubble. bubble never failed to bring them happiness.

2. Play dough

Malam/lilin/play dough..

Populernya sekarang, mainan edukatif. Karena memang merangsang minat anak untuk berkreasi. Jaman saya dulu playdough atau malam masih berbentuk kotak-kotak seukuran sabun. kalau jaman laras sekarang, play dough usah jauh lebih menarik dan menuntut anak-anak untuk berkreasi lebih banyak. Misalnya laras punya playdough bentuk gerobak ice cream, dll/

3. Pasir Ajaib / Pasir Kinetik

saya punya kebiasaan bawa pasir setiap berkunjung ke pantai yang indah. Sejak SMA dulu di kamar, simpen pasir pantai kuta di dalam mug di kamar.

Layaknya anak kecil lainnya, laras suka main pasir. saat dulu ke karimun jawa, saya bekali sebotol pasir putih halus. wah awet lho sampe satu tahun berikutnya. pasirnya sering dipake main, setelah selese main disimpen lagi di dalam mug.

Menurut wikipedia:

Hydrophobic Sand/Magic Sand is a toy made from sand coated with a hydrophobic compound. The presence of this hydrophobic compound causes the grains of sand to adhere to one another and form cylinders (to minimize surface area) when exposed to water.[1] When the sand is removed from water, it is completely dry and free flowing.

Kalau tentang pasir kinetik, laras baru sekali beli pasir jenis ini ini. beda dengan bubble dan playdough yang berkali-kali nyaris setiap ke mal dia beli. tapi bedanya pasir ini harganya relatif mahal, tapi awet asal jangan kena air. Jenis pasir lembut banget saat disentuh, saya aja sebagai orang dewasa suka.

4. Slime

Ini katanya mainan kekinian, laras udah dua kali beli. memang asyik sekali. lembek-lembek dingin kalau disentuh, bisa dipotong-potong pake pisau mainan, bisa dibentuk-bentuk. kerjanya laras seharian dari pagi sampe sore main sliiiiiime terus. lupa gadget! haha alhamdulillah.

namun kejelekannya, slime umurnya singkat banget hanya 2 sampe 3 hari. setelah 3 hari, slime berubah bentuk terpisah padat dan air, dan hilang sifat elastisnya.

*Tulisan ini dibuat di sela-sela verifikasi audit sistem manajemen pengamanan. maaf kalau masih berantakan. saya masih nungguin mood ngedit! hehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s