Emergency

Tempat: Rumah Cirata

Waktu: Senin 8-8-2015 pukul 19.00

Ada tiga buah koper tersusun rapi di rumah. ukuran koper itu berbeda-beda. benda ini menarik buat laras. ia melihat seolah2 koper itu bisa dijadikan tangga yang layak dinaiki, dilangkahi, dijadikan tempat berdiri, tempat berjoged, dsb.

Mami tegur laras. Jangan berdiri di atas koper Nak, karena koper itu punya roda. nanti kalau laras berdiri, rodanya maju, laras jatoh. aku kira laras mengerti.

Habis itu aku telponan sama ibuku. eh laras lanjut manjat koper. aku sambil nelpon sambi liatin laras. pengen tegur lagi, tapi yasudlah pikirku. mudah2an aman..

GUBRAK!!!

Kopernya bergeser, larasnya mendarat di lantai, wajah duluan. pas dia angkat wajahnya, darah mengucur banyak sekali. ya Tuhan….. ternyata bibirnya kejedot lantai, dan tergigit. jadi bengkak sekali dan berdarah sangat banyak T_T Beginilah anak di bawah pengawasan ibunya sendiri, ibunya yang katanya orang K3, yang biasa mengidentifikasi unsafe act dan unsafe condition.. kecele juga ya Allah T_T

EMERGENCY RESPONSE:

Saat terjadi insiden bibir anak terbentur dan berdarah, lakukan hal berikut:

  1. Do First Aid!!! lap darahnya dengan tisu
  2. Cuci lukanya dengan air garam. untuk laras sampe menghabiskan air sebanyak tiga mangkok buat dia kumur-kumur dan cuci bibir, sampe darahnya berhenti. jika air di mangkok kotor, ganti lagi degan air garam yang baru.  (bibirnya bengkak luar biasa, lukanya juka agak dalam karena gak hanya terbentur tapi juga tergigit)
  3. Ganti pakaian ibu dan anak yang sudah terkena darah
  4. Segera menuju IGD (Klinik Insan Sehat, jarak 8 km dari rumah) untuk meminta penanganan medis (gak mau kan insiden di bibir anak meninggalkan bekas yang terlihat sampai dewasa?!)
  5. Dokter mengecek visual, menasihati laras, dan memberi antiseptik (aku ga berani lakukan sendiri di rumah karena takut laras jejeritan histeris, untungnya tidak)
  6. Dokter meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi pada luka, dannnnn yang paling penting obat berbentuk gel yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. (Science!!!)

Meskipun panik, tetap berusaha berpikir logis dengan mengingat posisi Klinik/RS terdekat yang reliable. Dan meski “hanya sekedar” luka di bibir, tapi serahkanlah pada tim medis untuk mendapat penanganan terbaik.

Setelah dua hari berlalu bibir laras sudah tidak bengkak lagi dan progres lukanya luar biasa. Lukanya cepat menutup berkat obat gel tersebut.

Alhamdulillah. terima kasih banyak untuk keluargaku yang suka menjaga laras saat akunya harus dinas ke luar kota. menjaga anak kecil yang aktif sungguh tidak bisa dianggap enteng. makasih mama papa mertua dan teteh ratih pengasuh laras. you’re all my hero!

laras.. ayo nak saling bantu supaya kita berdua sehat dan selamat. sekarang nampaknya laras agak sedikit kapok manjat2. meskipun sampai berita ini diturunkan aku masih pernah mendapati dia manjat berdiri di atas sepedanya, manjat kursi, dan manjat sisi kepala dinding tempat tidur.

ah dia ternyata harus tetap diingatkan berkali2 saoalnya anaknya aktif banget. sama kaya maminya dulu 😀

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s