Mari donor darah

Yuhuuu.. Pas libur lebaran kemarin saya berkesempatan besuk ponakan kesayangan yang lahir pada 21 Mei 2016. Namanya Omar. Baby Omar masih dirawat di RS M Djamil Padang karena terlahir prematur, yaitu di usia kehamilan 32 minggu. Badan Omar kecil tapi dia lincah lho. Sesaat setelah dilahirkan Omar langsung masuk ruangan NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Sekarang sudah gak di NICU lagi, tapi masih tetap diopname di ruangan lain.

Saat baru lahir, Omar mendapat macem-macem perawatan.. Sebagai orang awam aku ga familiar dengan tindakan-tindakan medis yang dilakukan pada Omar. Sebagian yang aku inget adalah diberi infus, diberi sinar UV (pake lampu warna biru) akibat kadar bilirubin darahnya tinggi, dan pernah satu kali Omar pucat dan lemas sehingga ia butuh transfusi darah. Golongan darahnya O, sama kaya aku :). Setelah mendapat transfusi darah sebanyak 1 kantong, Omar jadi lincah kembali.

Tahukah temans, donor darah itu baik lho.. Contohnya untuk kejadian Omar di atas. Pernah juga ada kejadian sepupu-sepupu aku di Bukittinggi diopname akibat demam berdarah atau thypus. Beberapa kali mereka diopname, dan mereka pernah butuh transfusi sampai 7 kantong darah.

Oleh sebab itu.. aku sangat merekomendasikan teman-teman untuk mendonorkan darah. Untuk teman-teman yang masih paranoid sama jarum, please don’t. Proses donor darah ga sesakit itu ko. Donor darah dapat menyehatkan badan. Ia berdampak positif baik untuk diri pendonor apalagi untuk si resipien/penerima donor.

Salah satu bintang yang rutin mendonorkan darahnya adalah pesepakbola Cristiano Ronaldo.

5aeb88a871e6f2231fd6c821448af572
pic from: here

Aku suka banget sama quote dia, kalau ga salah bunyinya begini:

We can’t change the world

But we can help

We can all help

Kita ga bisa mengubah dunia. Tapi setidaknya kita bisa membantu sesama. Kira-kira begitulah. Dan heyyy.. meskipun kita tidak bisa mengubah dunia ini, kita bisa mengubah “dunia” seseorang. Contohnya dunia Omar dan keluarganya, dunia sepupuku dan keluarganya. Buat para penerima donor darah, dunia mereka berubah akibat mendapatkan bantuan darah (dari yang Anda donorkan). Mohon maaf, dapat dikatakan bahwa mereka mendapat kesempatan untuk bertahan hidup, berkat bantuan darah kita.

Dengan demikian, mari kita donor darah. Mari kita bantu mengubah dunia seseorang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s