Berat Badan Laras

Terima kasih saya ucapkan sebesar-besarnya pada DSA Emilia Suroso ahli laktasi dan gizi dan juga pada Ratih Amanda, pengasuh anak saya. Mereka berdua sangat berjasa sehingga saya bisa merasakan keharuan seperti hari ini:

“Laras agak gemukan..”

Pertama-tama perlu saya jelaskan bahwa laras adalah anak balita yang berusia 3 tahun. Memang untuk anak bayi merupakan hal lumrah jika sebulan naik 1-2 kg tapi untuk anak balita, kenaikan Berat Badan (BB) tidak terlalu drastis karena banyaknya aktivitas anak.

Dan untuk laras sendiri.. kenaikan BB nya tak pernah signifikan, biasanya dia hanya naik beberapa ons dalam sebulan, sampai dengan saya bertemu dr. Emilia. Memang selama ini saya yang salah. Saya hanya membawa anak ke dokter jika anak sakit atau jika akan imunisasi. Saya tidak pernah meminta bimbingan khusus tentang persoalan nutrisi si anak kepada dokter ahlinya, melainkan hanya belajar dari keluarga, forum-forum ibu di internet (yang ternyata kadang salah kaprah), dari sharing dengan teman, tapi saya TIDAK BERPARTNER DENGAN AHLINYA.

Sampai pada suatu ketika pikiran saya terbuka untuk mengkonsultasikan persoalan BB Laras pada spesialis anak ahli gizi. Hingga saya mendapat pencerahan sebagai berikut:

Dengan usia 3 tahun 3 bulan, idealnya berat badan laras adalah 14.5 kg. Oleh sebab itu, dia BUTUH ASUPAN KALORI 1450 kkal.

Dokter mereview susu yang saya biasa berikan pada Laras. Dan menyuruh saya untuk mengganti susu yang lama dengan Nutrinidrink. Maaf jika saya sebut merk, tapi memang saya sangat merasakan dampak bagus dari produk susu keluaran Nutricia ini. Untuk takaran serupa, misal 100 ml, produk susu lain hanya dapat memberi asupan 70-100 kkal tapi Nutrinidrink dapat memberi 150 kkal.

Degan demikian, pemberian susu ini sebanyak 3x sehari telah memberi laras asupan 450 kkal! Dahsyat bukan? Perlu diketahui anak saya ini bukan tipe anak yang senantiasa ngedot dan mimikkk sepanjang hari sepanjang malam. Dia hanya tertarik sewajarnya pada susu. Berbeda dengan anak tetangga yang misalnya susah makan tapi nyusunya kuat, sehingga tak jadi masalah dengan BBnya. Bagi laras, tak ada makanan yang membuatnya antusias, tak ada susu yang membuatnya antusias. Berbeda sekali dengan emaknya yang antusias terhadap seluruh jenis makanan. Hehe

Dokter berpesan begini:

Ibu, seharusnya dulu pada saat MPASI (terutama usia 1 s.d. 2 tahun) ibu sudah latih laras dengan beragam jenis makanan, ibu harus latih kemampuannya mengunyah dan menelan. Sekarang, akibat kesalahan ibu yang dulu “masih terlalu bersandar pada ASI sedangkan anak sudah harus digempur dengan MPASI” akibatnya laras menjadi tidak terampil dalam menelan dan mengunyah. Makanya dia suka mengemut makanan. Tak heran jika untuk menghabiskan seporsi makan, laras kadang butuh waktu sampai 2 jam.

Ukuran lambung anak hanya kecil, kira2 sebesar kepalan tinju dewasa. Oleh sebab itu dia tak bisa dipaksa dengan porsi makanan yang besar, melainkan dia harus diberi makanan dalam porsi kecil, tetapi terus menerus. Cara pengolahan makan sebaiknya dengan santan, atau digoreng dengan mentega atau minyak kelapa (bukan olive oil dll), supaya zat lemak bisa masuk.

Saya kemudian disuruh menepati aturan makan sebagai berikut:

  • Pagi: Makan berat (250 kkal, setara porsi kecil nasi goreng dan setengah butir telur, syukur-syukur bisa masuk lebih) & susu (150 kkal, setara 100 ml nutrinidrink)
  • Menjelang siang: cemilan (150 kkal, setara 1 roti tawar plus keju)
  • Siang: Makan berat (250 kkal, setara nasi sayur sop daging) & susu (150 kkal)
  • Sore: buah dan cemilan (150 kkal), setara 1 buah pisang ditambah 4 keping biskuit
  • Malam: Makan berat (200 kkal, setara kentang goreng dan 4 buah bakso) & susu (150kkal)

Jika dijumlah asupan perhari adalah 1450 kkal. Selengkapnya tabel tentang nilai kalori makanan bisa dilihat disini. Sekarang saya jadi aware terhadap nilai kalori suatu produk. Sebelom ngemil, intip nilainya dulu berapa kkal supaya tau porsi yang tepat buat laras.

Dan setelah dipraktekkan.. Subhanallah, dalam 30 hari BB laras naik 1.5 kg. Padahal dulu kenaikan BB nya hanya beberapa ons dalam sebulan. Oleh sebab itu jika kami (saya & pengasuh anak) bisa disiplin dengan pola seperti ini, insyaAllah BB ideal akan dapat dicapai.

Bismillah. Mohon doakan kami ya!

Advertisements

5 thoughts on “Berat Badan Laras

  1. Bismillah. Terima kasih sharenya ji…
    Catet semua…trio ga terlalu kurus ga terlalu ndut. Suka makan dan minum susu fresh milk. Masalahnya ibunya masak itu2 aja…kadang bingung mw masakin apa…

  2. Terima kasih banyak responnya Nuuuy.. iya semoga para junior kita selalu sehat, prima, solih solihah. Susu fresh milk baguuus dan enak.. sayang kalau disini suplainya agak susah. ga available tiap hari. beruntung Nuy dirimu di Kuwait sana bisa dapetin dengan mudah dan anak2 suka. alhamdulillah 😀

    eji punya 3 buku resep. tapi tetep aja kurang segitu mah yah. sepertinya harus rajin save resep dari internet Nuy. atau sesekali mungkin abinya yang gantian masak hihihi ^_^

    salam sayang buat Trio yaaa. Rindu :*

    1. Alloohumma aamiin….alhamdulillah iya produk susu&turunannya bagus disini.qta jg msh pake powder milk kadang he. Masak pake virgin olive oil & duo lbh doyan buah dibanding makanan berat. Tulisannya mencerahkan sekali jazaakillaahu khoyr. Qta disini tdk pakai kadama(ART) zi jd bnyk belajar dr abu fathum segala hal secara waktu sekolah/kuliah sedikittt sekali belajar merawat termasuk masak hehehe…rindu kk laras sepertinya bakal klop sama fathum yg superrr aktif. Peluuuk kk laras ***

      1. Alhamdulillah.. denger ceritanya jadi kepengen travelling ke Kuwait Nuy. Hahaha, berimajinasi boleh kan.. haha.

        Alhamdulillah ya Ummu dan Abu berhasil mendidik Fathum&Hammad untuk terbiasa makan sehat sedari kecil, sukanya buah, wow 😀 Semoga teamworknya makin kokoh dan solid meski tak dibantu oleh kadama dalam mengasuh trio. I salute you two!

        peluuk Fathum juga, moga nanti kita lari2an bareng ya Fathum 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s